Sumber: Cech ditetapkan untuk peran direktur Chelsea

LONDON – Chelsea akan memfinalisasi kembalinya Petr Cech ke Stamford Bridge dalam peran teknis, kata beberapa sumber kepada ESPN FC.

Cech akan memikul beberapa tanggung jawab yang pernah dipegang oleh mantan direktur teknis Michael Emenalo, yang belum secara resmi digantikan oleh Chelsea sejak mengundurkan diri pada November 2017.

Chelsea berharap kembalinya Cech akan membawa lebih banyak koherensi ke dalam struktur pengambilan keputusan yang telah muncul terputus-putus sejak keberangkatan Emenalo, serta meyakinkan penggemar yang kecewa tentang arah klub yang lebih luas.

Pembicaraan tidak resmi tentang peran Cech di Stamford Bridge dimulai beberapa bulan yang lalu, tetapi karena menghormati mantan kiper mereka, Chelsea bertekad untuk menunggu hingga akhir musim untuk meningkatkan upaya mereka untuk membawanya kembali.

Pertandingan terakhir karir profesional Cech berakhir dengan kekalahan 4-1 untuk tim Arsenal melawan Chelsea di final Liga Eropa di Baku, Azerbaijan.

Cech memenangkan 13 trofi utama dalam 11 tahun di Chelsea, termasuk empat gelar Liga Premier dan Liga Champions 2012. Dia tinggal di dekat markas latihan klub Cobham dan telah mempertahankan hubungan baik dengan semua personel kunci, termasuk pemilik Roman Abramovich.

Tanda definitif dari penghormatan tinggi Abramovich untuk Cech datang pada musim panas 2015, ketika pemilik Chelsea menghormati keinginan kipernya untuk tetap di London karena meninggalkan Stamford Bridge, yang memungkinkan dia untuk bergabung dengan rival Arsenal melawan keinginan manajer Jose Mourinho.

Cech kemudian memenangkan Piala FA pada 2017 dengan mengorbankan mantan klubnya, dan pensiun di Arsenal sebagai pemegang rekor terbanyak dalam sejarah Liga Premier (202). Dia juga memegang rekor kompetisi untuk clean sheet terbanyak disimpan dalam satu musim (24), ditetapkan dengan Chelsea dalam kampanye 2004-05 pemenang gelar mereka.

Keputusan untuk mengembalikan Cech telah dibuat terlepas dari siapa yang akan menjadi pelatih kepala Chelsea musim depan. Maurizio Sarri diperkirakan akan bergabung dengan Juventus meskipun ada pertikaian antara kedua klub mengenai kompensasi, dan pencarian pengganti potensial sudah dimulai.

Mantan rekan setim Cech, Frank Lampard, secara luas disebut-sebut sebagai calon terdepan untuk menggantikan Sarri setelah menikmati musim pertama yang positif dalam manajemen di Derby County, sementara sumber mengatakan kepada ESPN FC minggu ini bahwa bos Watford Javi Gracia juga ada dalam bingkai.