Vertonghen: Tottenham’s UCL menjalankan ‘paling gila yang pernah ada’

Bek Tottenham Jan Vertonghen mengatakan, langkah timnya menuju final Liga Champions adalah yang “paling gila yang pernah ada” dan ada beberapa saat ia berpikir Spurs berada di ambang keluar dari kompetisi.

Pemenang menit terakhir Lucas Moura di leg kedua semifinal melawan Ajax telah mengikuti gol penghentian waktu oleh Manchester City yang telah dibatalkan oleh wasit asisten video dalam pertandingan kembali perempat final. Tim Mauricio Pochettino juga menghadapi kemungkinan tersingkir sejak tahap grup setelah mengambil hanya satu poin dari tiga pertandingan pertama mereka.

  • Kapan final Liga Champions?
  • Siapa yang memenuhi syarat untuk Eropa dari Liga Premier?

Hasil imbang pada pertandingan terakhir tandang ke Barcelona terbukti cukup untuk mengamankan kualifikasi dan, berbicara dengan ESPN FC, kapten Tottenham Hugo Lloris telah mengidentifikasi hasil itu sebagai “momen utama” bagi klub dalam kompetisi.

“Berapa banyak game yang kita mainkan untuk sampai di sini pada akhirnya, 12 game? Dalam setiap game, terjadi sesuatu yang gila,” kata Vertonghen menjelang final hari Sabtu. “Di akhir karir saya, semoga saya akan melihat ini dan berpikir ini adalah tahun paling indah dan paling gila dari semuanya.

“Di babak grup, kami mendapat satu poin setelah tiga pertandingan. Pertandingan tandang Barca – ada begitu banyak [momen] yang saya tidak bisa ceritakan semuanya tetapi itu sudah gila.”

Spurs juga maju ke final tanpa jimat mereka Harry Kane, yang akan kembali pada hari Sabtu setelah menyatakan dirinya fit awal pekan ini.

Kane merindukan kembalinya melawan City serta kedua kaki melawan Ajax, dengan Moura, Son Heung-Min dan Fernando Llorente memberikan gol-gol penting tanpa kehadiran sang striker. Vertonghen absen untuk sebagian besar paruh pertama kampanye, dan telah lolos ke final setelah diistirahatkan untuk hari terakhir musim Liga Premier.

“Saya pikir setiap pemain telah digunakan di Liga Champions dan memainkan perannya,” kata Vertonghen. “Ini adalah yang paling gila yang pernah ada dan berada di akhir kampanye gila sekarang adalah sesuatu yang luar biasa.

“Kami semua memainkan peran kami dan mudah-mudahan kami bisa memegang trofi di akhir pertandingan.”